Jumat, 30 Desember 2011

Manfaat Daun Kemangi Bagi Pria dan Wanita


Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.

Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var.anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

Dengan segudang kandungan bahan kimia yang dimilikinya, daun kemangi memiliki segudang manfaat juga. Yaitu :


 1. Penyegar bau mulut.

Jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut ataupun bau badan, Anda dapat mengonsumsi lalap kemangi segar setiap hari secara rutin. Namun jika Anda kurang suka dengan rasanya, Anda dapat membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan daun kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.





 2. Menyembuhkan penyakit diare, masalah kewanitaan, batu ginjal dan albuminaria.

John Henry M. dalam bukunya berjudul ”A Dictionary of Practical Material Medical” mengatakan bahwa khasiat daun kemangi atau sari daun kemangi yaitu dapat menyembuhkan penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.





3. Mengatasi keluhan flu, sakit kepala, cacingan,dan sembelit.

Penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS , membuktikan bahwa daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu, sakit kepala, cacingan dan sembelit.








4. Mengatasi kejang dan sebagai obat nyamuk.

 Penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS juga membuktikan manfaat daun kemangi untuk mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.


5. Sebagai minyak pijat aroma.

Daun kemangi mengandung minyak atsiri golongan tinggi dimana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma. Namun, jika Anda adalah Ibu hamil jangan menggunakan minyak ini karena dapat menyebabkan resiko keguguran.



6. Mengatasi masalah pencernaan

 Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung.




7. Menjegah kemandulan

 Bagi anda yang memiliki keluhan ejakulasi, daun kemangi mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.




sumber: turunberatbadan.com

0 komentar:

Poskan Komentar